Langsung ke konten utama

Konsep Peluang

kali ini saya akan membahas tentang Konsep peluang, yang sudah saya jabarkan dari beberapa blog, berikut pembahasannya : 

sebelumnya apa sih peluang itu?
  Peluang didefinisikan sebagai suatu cara yang digunakan untuk memperhitungkan kemungkinan terjadinya sebuah peristiwa. 
ada beberapa bagian konsep peluang, sebagai berikut :

1. Ruang Sampel
    Ruang sampel didefinisikan sebagai semua peristiwa dari percobaan yang telah dilakukan. 
notasi dari ruang sampel sebagai berikut : 
S = {e1, e2,.....,en}
contohnya: melempar sebuah dadu : S={1,2,3,4,5,6}.
 
2. Ruang Kejadian
    Ruang kejadian adalah anak gugus dari ruang sampel, yang memiliki karakteristik tertentu.
biasa di notasikan dengan huruf kapital(A,B,...).
contohnya: sisi muka muncul dari pelemparan dua buah mata uang : A={MM,MB,BM}.

3. Permutasi 
    Permutasi merupakan kejadian dimana susunan objek yang terpilih diperhatikan.
contohnya: dari 5 orang kandidat akan dibentuk susunan pengurus(ketua, wakil, bendahara).

4. Kombinasi
    Kombinasi merupakan  kejadian dimana susunan objek yang terpilih tidak diperhatikan.
contohnya: dari 5 orang akan dibentuk tim cepat tepat yang beranggotakan 3 orang.

5. Peluang Kejadian
    Peluang kejadian adalah rasio antara banyaknya kejadian yang diharapkan dari suatu percobaan jika percobaan tesebut pad kondisi yang sama. biasa dinotasikan dengan P, misal P(A) peluang kejadian A.

6. Kejadian Saling Bebas 
    kejadian saling bebas adalah kejadian-kejadian yang tidak saling mempengaruhi.  Untuk dua kejadian saling bebas, A dan B, peluang untuk keduanya terjadi, P(A dan B), adalah hasil perkalian antara peluang dari masing-masing kejadian.

P(A dan B) = P(AB) = P(A) × P(B)

7. Peluang Bersyarat 
    Peluang Bersyarat adalah peluang suatu kejadian (A) jiks kejadian lain (B) diketahhui telah terjadi.

Peluang bersyarat A dimana B didefinisikan atau diberi rumus sebagai berikut :

P(A | B) = P(AB)
P(B)


8. Teorema Bayes
    Teorema Bayes merupakan suatu gugus universum disekat menjadi beberapa anak gugus B1,B2,....,Bn dan A suatu kejadian.
Secara umum, teorema Bayes dinyatakan sebagai:

{\displaystyle P(A|B)={\frac {P(B|A)P(A)}{P(B)}}}
Dalam notasi ini P(A|B) berarti peluang kejadian A bila B terjadi dan P(B|A) peluang kejadian B bila A terjadi.



Sumber:
http://www.jagoanusm.com/2015/12/paham-konsep-peluang-dengan-5-menit.html
http://www.slideshare.net/ekomardianto148/statistika-1-3-konsep-peluang
https://id.wikipedia.org/wiki/Teorema_Bayes
https://www.idomaths.com/id/peluang3.php
https://www.idomaths.com/id/peluang4.php




   





Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW JURNAL

REVIEW JURNAL MANAJEMEN PROYEK DAN RESIKO NAMA : REKY FRANS NPM : 25115738 KELAS : 3KB07 TUGAS :   Mer e view jurnal dengan topik yaitu Manajemen Proyek dan Resiko di Bidang Komputer          UNIVERSITAS GUNADARMA           FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI                                               JURUSAN S1 – SISTEM KOMPUTER Analisis Manajemen Resiko Teknologi Informasi Penerapan Pada Document Management System di PT. Jabar Telematika (JATEL) I.                     PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Inti...

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

1.       PENGERTIAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Interaksi manusia dan computer ( Human Computer Interaction,HCI ) adalah   sebuah hubungan atau interaksi antara manusia dan komputer yang memiliki karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah system. Interaksi manusia dan komputer ini juga dikatakan bahwa serangkaian proses, dialog, kegiatan, ataupun perilaku manusia terhadap komputer   yang akan berinteraksi   untuk saling melakukan   atau memberikan   masukan dan umpan balik melalui sebuah antar muka untuk memperoleh suatu hasil akhir yang akan diharapkan. Interaksi Manusia dan Komputer(IMK) berkaitan sekali dengan desain implementasi serta evaluasi dari suatu sistem komputasi yang interaktif untuk dapat digunakan oleh manusia serta studi mengenai ruang lingkupnya interaksi manusia dan komputer ,ada interaksi diantara satu maupun lebih manusia dan satu maupun lebih komputasi mesi...

Flowchart

      Flowchart atau diagram alir merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutannya dengan menghubungkan masing masing langkah tersebut menggunakan tanda panah. Diagram ini bisa memberi solusi selangkah demi selangkah untuk penyelesaian masalah yang ada di dalam proses atau algoritma tersebut. Tujuan Membuat Flowchat : ·    Menggambarkan suatu tahapan penyelesaian masalah ·    Secara sederhana, terurai, rapi dan jelas ·    Menggunakan simbol-simbol standar Dalam   penulisan   f lowchart   dikenal   dua   model,   yaitu   s istem   f lowchart dan Program Flowchart. 1. System Flowchart : B agan Yang memperlihatkan urutan prosedur dan proses dari beberapa file di dalam media tertentu. Melalui flowchart ini terlihat jenis media penyimpanan yang...