1. PENGERTIAN
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Interaksi
manusia dan computer ( Human Computer Interaction,HCI ) adalah sebuah hubungan atau interaksi antara manusia
dan komputer yang memiliki karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan
tertentu dengan menjalankan sebuah system. Interaksi manusia dan komputer ini
juga dikatakan bahwa serangkaian proses, dialog, kegiatan, ataupun perilaku
manusia terhadap komputer yang akan
berinteraksi untuk saling melakukan atau memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antar
muka untuk memperoleh suatu hasil akhir yang akan diharapkan.
Interaksi
Manusia dan Komputer(IMK) berkaitan sekali dengan
desain implementasi serta evaluasi dari suatu sistem komputasi yang interaktif
untuk dapat digunakan oleh manusia serta studi mengenai ruang lingkupnya
interaksi manusia dan komputer ,ada interaksi diantara satu maupun lebih manusia
dan satu maupun lebih komputasi mesin.
Dalam Bidang Ilmu Interaksi Manusia dan Komputer ini pun akan
di pelajari bagaimana mendesain, mengevaluasi, serta mengimplementasikan suatu sisteng interaktif sehingga dengan
mempelajarinya maka kmanusia akan lebih mudah menggunakannya.
2. PENDAPAT TENTANG INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
·
Interaksi manusia dan
komputer menurut Asosiasi Untuk Mesin Komputerisasi merupakan ” ilmu yang berkaitan dengan desain, evaluasi dan
pelaksanaan sistem komputasi interaktif manusia dengan dan menggunakan
studi kasus utama fenomena di sekitar mereka. “
3. SEJARAH
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
·
Pada tahun 50-an awalnya komputer
diperkenalkan secara komersial yang mana saat itu mesin sangat sulit dipakai
disebabkan karena komputer mesinnya sangat mahal dan besar, hanya dipakai
dikalangan tertentu seperti para ilmuan atau ahli teknik.
·
Pada tahun 70-an diperkenalkan komputer
pribadi atau PC, dengan adanya ini perkembangan pengguna teknologi ini secara
cepat mengemukakan ke bebagai penjuru kehidupan seperti dipendidikan,
perkantoran, perdagangan, pertahanan, pertanian, dan masih banyak lagi.
·
Pada pertengahan tahun 80-an palra
peneliti akademis mengatakan suatu rancangan system yang berorentasi pada
pemakai ataupun komputer yang akan memberi kontribusi kepada interaksi manusia
dan komputer. Sehingga diperkenalkanlah istilah Human Computer Interaction
(HCI) atau interaksi manusia dan komputer.
4. RUANG
LINGKUP INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Berikut
adalah ruang lingkup interaksi manusia dengan komputer dengan 3 komponen,
sebagai berikut :
a. Manusia
: yaitu pengguna atau bias disebut juga user yang akan menjalankan atau
menggunakan komputer. User juga dalam menggunakannya sesuai dengan kebutuhan
yang ia inginkan dalam menggunakan komputer tersebut.
b. Komputer
: adalah suatu prangkat atau peralatan elektonik yang nantinya akan digunakan
oleh user dalam mengerjakan apa yang diinginkan. Komputer didalamnya juga
meliputi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).
c. Interaksi
: adalah sesuatu yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain. Seperti
antara manusia dan komputer.
Dari tiga komponen diatas
saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.
5. TUJUAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Tujuan
utama interaksi manusia dan komputer adalah sebagai berikut :
a. Membuat
system yang lebih :
·
Berguna : system akan berjalan suatu
komputer akan memberikan hasil yang dibutuhkan oleh manusia.
·
Aman : system yang digunakan untuk
berinteraksi akan aman. Karena ada sbeberapa system yang sudah bisa diberi password
(kata sandi). Sehingga system yang dipakai untuk berinteraksi akan aman.
·
Produktif : suatu system yang berjalan
pada suatu komputer nantinya akan akan melakukan kegiatan yang menghasilkan
sesuatu berupa hal baru yang didapat dari apa yang sudah dibutuhkan.
·
Efektif : suatu system yang dikerjakan
dapat selesai dengan cara-cara yang sudah ditentukan, dengan cara yang
ditentukan akan benar atau efekteif.
·
Efisien : dalam menjalankan sustu system
akan mampu menjalankannya dengan tepat dan cermat. Dengan tidak membuang-buang
waktu, tenaga, ataupun biaya.
·
Fungsional : systemnya akan lebih
berfungsi. Apalagi untuk mengerjeakan berbagai macam tugas seperti tugas
kuliah, kantor, ataupun sekolah.
b. Meningkatkan
interaksi antara manusia dengan system komputer
Sistem ini
nantinya akan bermanfaat artinya ialah sistem itu bisa berfungsi dengan baik.
Sistem itu bisa untuk dapat mengembangkan serta meningkatkan : keamanan (safety),
utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness),
efisiensinya (eficiency).
Selain
itu tujuan disusunnya cara interaksi manusia dan komputer adalah untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan
komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia
bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka
manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat
bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya atau user friendly.
6. BIDANG-BIDANG YAG TERKAIT DALAM
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
·
Teknik
Elektronika & ilmu komputer : dalam bidang Teknik elektronikanya akan
merancang kerangka dari suatu system interaksi manusia dan komputer. Dalam
bidang komputernya akan mempelajari bagian dari prangkat keras dan prangkat
lunak dari suatu system yang nantinya akan berguna dalam berinteraksi antara
manusia dengan komputer.
·
Psikologi
: Psikologi ini kaitannya dengan
interaksi manusia dan komputer yaitu dilihat dari perilaku dan kognitif
dikonsentransikan dengan pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses kognitif
dan keahlian mengontrol motorik, dan mengajukan model proses tersebut yang
dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin
terhadap pengguna manusia. Nantinya Pengalaman psikologi menyediakan teknik
evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem
manusia dan komputer.
·
Ergonomi :
Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada
aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia.
·
Ilmu
Bahasa : suatu komunikasi manusia dan komputer yang
melibatkan penggunaan berbagai jenis bahasa, apakah yang digunakan itu bahasa natural, suatu
bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu
bahasa grafis.
·
Sosiologi
: lebih dikonsentrasikan dengan studi
dari pengaruh sistem manusia dan komputer pada struktur lingkungannya.
·
Antropologi
: dikonsentrasikan dengan studi dari
interaksi manusia dan komputer. Interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang
ada, contohnya di kantor. antropologi menyediakan pengetahuan yang bernilai ke
dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh
tim kerja desain, kelompok penulis, dan lain-lain.
·
Desain
grafis dan tipografi : Kemampuan estetika dari desain
grafis dan tipografi akan meningkatan desain sistem manusia-komputer.
7.
MEDIA ANTARMUKA MANUSIA DAN KOMPUTER
·
Media Tekstual : bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara
manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik. contohnya
antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang menggunakan Bahasa
pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln.
·
Media GUI (Graphical User Interface) : suatu bentuk
komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat
atraktif Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis
menggunakan pemrograman visual seperti Viual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan
lain-lain.
Dalam interaksi manusia dengan komputer didalamnya
akan terdapat beberapa panca indra yang digunakan untuk berinteraksi.
8.
CONTOH INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER DIKEHIDUPAN
SEHARI-HARI
Ø Pengerjaan tugas menggunakan PC atau laptop
Hal ini adalah salah satu contoh dalam kehidupan sehari-hari
yang berinteraksi dengan komputer khususnya ntuk anak sekolah, orang kantoran,
ataupun anak kuliahan. Dimana dalam menyelesaikan tuganya biasa mereka
berinteraksi dengan komputer dimana manusia memberi printah lewat inputan
keyboard atau mouse. Sehingga akan diproses oleh komputer, dan mendapatkan
hasil yang diinginkan.
Ø Penggunaan Automatic Teller Machine (ATM)
Pada ATM yang biasa kita gunakan juga merupakan sebuah
Interaksi Manusia dan juga Komputer. Pada sebuah ATM biasanya manusia
menggunakannya untuk mengambil uang, melihat saldo, dan transfer. Dimana
manusia akan memberi printah pada inputan keypad atau tombol yang ada pada
mesin komputer susuai keinginan.
Ø Penggunaan Laser Pada Operasi Medis
Di bidak kedokteran sekarang juga banyak yang berperan dalam
interaksi manusia dengan komputer, seperti Operasi medis menggunakan bantuan
laser. Dengan suatu rancangan, codingan, bahkan desain yang membentuk sebuah
mesin Laser itu. Dimana mesin itu nantinya akan dijalankan untuk operasi medis.
Pengerjaannya dokter akan melakukan penentuan koordinat pada bagian tubuh yang
akan di lakukan operasi. Maka, input atau yang di lakukan Dokter ini akan di
terima oleh Mesin, dan akan langsung segera di lakukan pembedahan atau operasi.
Masih
banyak lagi contoh interaksi manusia dengan komputer dalam kehidupan
sehari-hari baik dibidang ekonomi, kesenian, music,sikologi, matematika, geografi
dan sebagainya.
Sumber Referensi :
Komentar
Posting Komentar