MAKALAH
DESAIN APLIKASI
“KASIR KAFE SEDERHANA”
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
DISUSUN
OLEH:
Nama NPM Kelas
AGUNG TRIWIBOWO (20115298) 3KB07
LANGGENG PAMBUDHY (23115781) 3KB07
MUSHOFFA RAHMAT R
(20115851) 3KB07
REKY FRANS (25115738) 3KB07
|
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN
S1 – SISTEM KOMPUTER
2018
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena atas limpahan Karunia, Rahmat, dan
Hidayah-Nya yang berupa kesehatan, sehingga makalah ini dapat terselesaikan
tepat pada waktunya.
Makalah ini
disusun sebagai tugas Kelompok mata kulih
Interaksi Manusia dan Komputer. Kami berusaha menyusun
makalah ini dengan segala kemampuan, namun kami menyadari bahwa makalah ini
masih banyak memiliki kekurangan baik dari segi penulisan maupun segi
penyusunan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun akan kami
terima dengan senang hati demi perbaikan makalah selanjutnya.
Semoga makalah ini
bisa memberikan informasi dan bisa menambah wawasan bagi para pembaca. Atas
perhatian dan kesempatan yang diberikan untuk membuat makalah ini Kami ucapkan
terima kasih.
Bekasi, 15 April
2108
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Perkembangan
teknologi terutama pada bidang IT kini sudah semakin pesat. Hal tersebut
semakin diperkuat dengan mulai meningkatnya kesadaran dimasyarakat akan
pentingnya memahami teknologi yang sedang berkembang.Salah satu sistem yang
ikut terpengaruh dari perkembangan teknologi adalah sistem pembayaran.
Seiring berkembangnya teknologi,
para pelaku bisnis mulai sadar akan pentingnya merubah sistem pembayaran yang
selama ini mereka gunakan.Kesadaran tersebut berimbas pada tingginya permintaan
aplikasi pembayaran berbasil digital dikalangan pelaku usaha menenggah kebawah.
Dengan semakin praktisnya gaya hidup
di perkotaan, membuat kafe memiliki peran yang
signifikan dalam memenuhi kebutuhan harian masyarakat. Semakin menjamurnya kafe
membuat pemilik toko harus dapat bersaing dalam hal kecepatan pelayanan.
Disini
kami membuat
Desain aplikasi pembayaran yang nantinya bisa diterapkan dalam pembuatan aplikasi pembayaran.
1.2
Rumusan Masalah
1.
Apa Pengertian Desain
?
2.
Apa saja software
yang bisa digunakan dalam desain aplikasi ini ?
3.
Bahasa pemrograman
apa saja yang bisa digunakan untuk desain aplikasi ini ?
4.
Bagaimana
Langkah-langkah penggunaan aplikasi kasir kafe yang sudah didesain?
5.
Apa saja yang
dikomentari dari desain kasir kafe yang di buat ?
1.3
Tujuan
1.
Mengetahui pengertian
desain.
2.
Mengetaui software
yang bisa digunakan dalam desain aplikasi ini
3.
Mengetahui Bahasa
pemrograan yang bisa digunakan untuk desain aplikasi ini.
4.
Mengetahui
Langkah-Langkah penggunaan aplikasi yang didesain.
5.
Mengetahui komentar
dari desain kasir kafe yang di buat.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Desain
Desain biasa diterjemahkan
sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai
pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan,
baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata
kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan
menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan
untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah
rencana, proposal, atau berbentuk benda nyata.
Secara garis besar, ada tujuh prinsip di dalam dunia
desain yaitu: Keseimbangan, Kesatuan, Perbandingan, Urutan, Irama, Skala, dan Fokus.
Dimana jika salah satu tidak ada dari apa yang akan kita desain, maka desain
yang kita buat pun tidak akan sempurna.
Jenis-jenis ilmu desain pada
umumnya dibagi menjadi beberapa macam : desain gambar, desain tulisan, atau
desain logo, desain aplikasi, desain web, dan masih banyak lagi.
Didesain yang kita gunakan disini yaitu desain aplikasi.
Dari
desain yang kita buat ini ada beberapa tahapan lagi yang harus diperhatikan
yaitu :
1.
Metaphor
: Kenyambungan aplikasi dengan pemilihan gambar. Hal ini biasa terjadi bahwa
terkadang kita mendesain susuatu tetapi gambar yang kita masukan itu tidak
sesuai dengan apa yang kita buat.
2.
Clarity
:
Harus jelas posisi-posisi peletakkan baik gambar maupun tulisan. Dan kita yang
desain pun harus tau maksud posisi-posisi desain itu.
3.
Consistency
: Kekonsistenan sangatlah penting disini baik dari gambar, text, background,
bahkan warna pun harus harus saling konsisten agar desain yang dibuat lebih
dimengerti bagi yang melihat.
4.
Alignment
:
Pembacaan yang didesain juga biasanya salah satu faktor penting dari sebuah
desain. Bacanya mulai dari kiri ke kanan ataupun atas ke bawah.
5.
Proximity
: Jarak antar icon pun biasanya bisa menarik daya Tarik bagi yang mlihat desain
kita. Jaraknya jangan sampai kejahuan maupun terlalu dekat.
6.
Contrast
: pemilihan warna pada desain. Sebaiknya dalam pemilihan warna pada desain
jangan terlalu ramai dengan warna, ataupun warna terlalu terang atau gelap.
Karena warna pun salah satu hal yang penting dari suatu desain.
2.2 Software yang bisa digunakan dalam desain
aplikasi kasir kafe
Disini
kita mendesain aplikasi kasir kafe ini dengan
menggunakan aplikasi “ Power Point”. Selain dari itu ada lagi beberapa
aplikasi untuk mendesain sama dengan apa yang kita buat yaitu sebagai berikuut
:
1.
Adobe Photoshop
Photoshop adalah software
yang digunakan untuk memodifikasi gambar atau foto secara profesional baik
meliputi modifikasi obyek yang sederhana maupun yang sulit sekalipun.
Photoshop merupakan salah satu software yang berguna untuk mengolah gambar
berbasis bitmap, yang mempunyai tool dan efek yang lengkap sehingga dapat
menghasilkan gambar atau foto yang berkwalitas tinggi (jika ingin
lebih jauh mengetahui tentang gambar berbasis bitmap silakan download
dokumennya di sini).Kelengkapan fitur yang ada di dalam Photoshop inilah
yang akhirnya membuat software ini banyak digunakan oleh desainer grafis
profesional. Dan mungkin juga sampai saat ini masih belum ada software
desain grafis lain yang bisa menyamai kelengkapan fitur dalam Photoshop.
2. Corel
Draw
Corel Draw adalah sebuah program komputer yang
melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah
perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki
kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan
dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang
membutuhkan proses visualisasi.
3. Paint
Paint adalah salah satu program (software)
pengolah gambar, program paint merupakan salah satu program bawaan dari
micorosft windows. Jadi program windows selalu ada program pengolah gambar
yaitu paint. Setiap windows tampilan program paintnya berbeda, tetapi pada
prinsipnya cara penggunaannya adalah sama.
Selain
dari 3 aplikasi desain diatas, masih banyak aplikasi desain yang dapat
digunakan. Tetapi hanya itu saja yang kami jelaskan.
2.3 Bahasa pemrograman yang sesuai dengan
aplikasi kasir kafe
Desain
aplikasi kasir kafe yang dibuat ini bisa diterapkan dalam Bahasa pemrograman
seperti dibawah ini :
1.
Delphi
Delphi adalah sebuah IDE
Compiler untuk bahasa pemrograman Pascal dan lingkungan pengembangan perangkat
lunak yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi program. Delphi juga dapat di artikan
sebagai Suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti
bahasa pemrograman Visual Basic ( VB ) . Namun Delphi menggunakan bahasa yang
hampir sama dengan pascal (sering disebut objeck pascal ), sehingga lebih mudah untuk
digunakan .
2. Visual Basic
Visual Basic adalah salah
satu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah
yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Bahasa
pemrograman Visual Basic, yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991,
merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC
(Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada era
1950-an. Visual Basic merupakan salah satu Development Tool yaitu alat bantu
untuk membuat berbagai macam program komputer, khususnya yang menggunakan
sistem operasi Windows. Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer
yang mendukung object (Object Oriented Programming = OOP).
3. Java
Java merupakan bahasa
pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan
secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal
mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu
berjalan di beberapa platform sistem operasi yang
berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di
mana pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling
populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai
jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi.
2.4 Langkah-Langkah Penggunaan Aplikasi kasir kafe
Sebelum masuk ke langkah-langkah penggunaan aplikasi ini terlebih dahulu
kami menjelaskan bahwa yang kami buat disini hanyalah desainnya. Tetapi kami
pun akan menjelaskan langkah-langkah penggunaan aplikasinya. Sebagai berikut :
1.
Pilih Aplikasi “RLSM Cafe”
yang terletak didesktop. Seperti gambar dibawah ini :
2.
Setelah tampil seperti
gambar dibawah ini. Maka itu berarti masuk ditampilan awal aplikasi kasir cafe.
Lalu klik tombol “Makanan” untuk memilih menu makanan.
3.
Setelah masuk ke menu
makannan seperti dibawah ini pilih makanan yang di inginkan. Klik tombol untuk memilihnya, jika ingin lebih dari 1 klik
lagi sesuai jumlah yang diinginkan. Klik
tombol jika ingin mengurangi makanan yang sudah di
pilih. Dan jika semua sudah dipilih lalu klik tombol “back” untuk kembali ke
menu awal.
4.
setelah kembali ke menu awal
lagi lalu kita pilih menu “minuman” untuk memilih minumannya.
5.
Dimenu minuman ini akan
tampil seperti gambar dibawah ini. Pilih minuman yang di inginkan. Klik tombol untuk memilihnya, jika ingin lebih dari 1 klik
lagi sesuai jumlah yang diinginkan. Klik
tombol jika ingin mengurangi minuman yang sudah di
pilih. Dan jika semua sudah dipilih lalu klik tombol “back” untuk kembali ke
menu awal.
6.
Setelah kembali ke menu
awal. maka kita akan melakukan proses pembayaran. Klik tombol “pembayaran”.
7.
Pada tampilan untuk menu
pembayaran akan tampil seperti dibawah ini yaitu menu yang sudah dipilih dengan
total harga yang sudah tertera. Jika proses pembayaran selesai klik tombol
“cetak struk“.
8.
Jika sudah masuk ketampilan
seperti dibawah ini maka selesailah prosesnya. Dan menunggu pemesan berikutnya.
2.5 Komentar tentang desain kasir kafe
Untuk mengomentari desain ini ada bebrapa hal yang penting. Sama seperti
yang ada pada 2.1 tentang “Pengertian
Desain” mengenai tahapan yang harus diperhatikan dalam desain :
1.
Metaphor
: Kenyambungan aplikasi dengan pemilihan gambar. Aplikasi ini berkaitan dengan
kasir kafe maka kami memilih gambar yang berkaitan dengan makanan dan minuman.
2.
Clarity
:
Harus jelas posisi-posisi peletakkan baik gambar maupun tulisan. Peletakkan dari
gambar dan tulisan kami menesuaikan sesuai kenyambungannya gambar dan tulisnnya
lagi. Agar posisi letaknya pun terlihat rapi.
3.
Consistency
: dari kekonsistenan gambar, text, background, bahkan warna kami memberi
memilih warna gambar yang warnanya konsisten dengan gambar. Dan text yang
digunakan pun kami gunakan seperti desain-desain tulisankafe seperti
tulisan-tulian unik.
4.
Alignment
:
Pembacaan yang didesain juga biasanya salah satu faktor penting dari sebuah
desain. Bacanya mulai dari kiri ke kanan ataupun atas ke bawah. Di desain
aplikasi ini kami tidak pembacaan atas bawah dan kiri kanan. Karna tidak
terlalu banyak yang dimasukin dimasing-masingnya.
5.
Proximity
: Jarak antar icon pun biasanya bisa menarik daya Tarik bagi yang mlihat desain
kita.. Jaraknya kami memberi jarak yang tidak terlalu jauh dan dekat. Sehingga
kami yang meliht apliksi ini pun tidak merasa kebingungan.
6.
Contrast
: pemilihan warna pada desain. Pemiihan warnanya kami menggunakan warna yang
cukup menarik untuk kafe-kafe atau untuk anak mudah yang mana warna anak mudah
biasanya simple.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
1.
Desain aplikasi kasir kafe
ini dapat diterapkan pada aplikasi kafe untuk pembayaran pada kafe.
2.
Banyak aplikasi lain yang
digunakan dalam mendesain sebuah aplikasi yang diinginkan. Seprti desain
aplikasi kasir kafe ini.
3.2
Saran
Dalam aplikasi pembayaran yang kami buat dapat dikembangkan dengan kode
meja agar pelayan dapat mengetahui tempat duduk pembeli dengan kode meja.
SUMBER
REFERENSI
Komentar
Posting Komentar