Langsung ke konten utama

Makalah Desain Aplikasi Kasir Kafe Sederhana


MAKALAH
DESAIN APLIKASI
“KASIR KAFE SEDERHANA”



INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

DISUSUN OLEH:
             Nama                                NPM                       Kelas
AGUNG TRIWIBOWO        (20115298)                 3KB07
LANGGENG PAMBUDHY (23115781)                 3KB07
MUSHOFFA RAHMAT  R   (20115851)                 3KB07
REKY FRANS                       (25115738)                 3KB07



                                                     UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN S1 – SISTEM KOMPUTER
2018








Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena atas limpahan Karunia, Rahmat, dan Hidayah-Nya yang berupa kesehatan, sehingga makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Makalah ini disusun sebagai tugas Kelompok mata kulih Interaksi Manusia dan Komputer. Kami berusaha menyusun makalah ini dengan segala kemampuan, namun kami menyadari bahwa makalah ini masih banyak memiliki kekurangan baik dari segi penulisan maupun segi penyusunan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun akan kami terima dengan senang hati demi perbaikan makalah selanjutnya.
Semoga makalah ini bisa memberikan informasi dan bisa menambah wawasan bagi para pembaca. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan untuk membuat makalah ini Kami ucapkan terima kasih.









Bekasi, 15 April 2108


      Penyusun









BAB I
PENDAHULUAN
1.1              Latar Belakang
Perkembangan teknologi terutama pada bidang IT kini sudah semakin pesat. Hal tersebut semakin diperkuat dengan mulai meningkatnya kesadaran dimasyarakat akan pentingnya memahami teknologi yang sedang berkembang.Salah satu sistem yang ikut terpengaruh dari perkembangan teknologi adalah sistem pembayaran.
            Seiring berkembangnya teknologi, para pelaku bisnis mulai sadar akan pentingnya merubah sistem pembayaran yang selama ini mereka gunakan.Kesadaran tersebut berimbas pada tingginya permintaan aplikasi pembayaran berbasil digital dikalangan pelaku usaha menenggah kebawah.
            Dengan semakin praktisnya gaya hidup di perkotaan, membuat kafe memiliki peran yang signifikan dalam memenuhi kebutuhan harian masyarakat. Semakin menjamurnya  kafe membuat pemilik toko harus dapat bersaing dalam hal kecepatan pelayanan.
            Disini kami membuat Desain aplikasi pembayaran yang nantinya bisa diterapkan dalam pembuatan aplikasi pembayaran.

1.2              Rumusan Masalah
1.      Apa Pengertian Desain ?
2.      Apa saja software yang bisa digunakan dalam desain aplikasi ini ?
3.      Bahasa pemrograman apa saja yang bisa digunakan untuk desain aplikasi ini ?
4.      Bagaimana Langkah-langkah penggunaan aplikasi kasir kafe yang sudah didesain?
5.      Apa saja yang dikomentari dari desain kasir kafe yang di buat ?

1.3              Tujuan
1.      Mengetahui pengertian desain.
2.      Mengetaui software yang bisa digunakan dalam desain aplikasi ini
3.      Mengetahui Bahasa pemrograan yang bisa digunakan untuk desain aplikasi ini.
4.      Mengetahui Langkah-Langkah penggunaan aplikasi yang didesain.
5.      Mengetahui komentar dari desain kasir kafe yang di buat.




BAB II
PEMBAHASAN
2.1       Pengertian Desain
Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan, baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk benda nyata.
Secara garis besar, ada tujuh prinsip di dalam dunia desain yaitu: Keseimbangan, Kesatuan, Perbandingan, Urutan, Irama, Skala, dan Fokus. Dimana jika salah satu tidak ada dari apa yang akan kita desain, maka desain yang kita buat pun tidak akan sempurna.
Jenis-jenis ilmu desain pada umumnya dibagi menjadi beberapa macam : desain gambar, desain tulisan, atau desain logo, desain aplikasi, desain web, dan masih banyak lagi. Didesain yang kita gunakan disini yaitu desain aplikasi.  
Dari desain yang kita buat ini ada beberapa tahapan lagi yang harus diperhatikan yaitu :
1.      Metaphor : Kenyambungan aplikasi dengan pemilihan gambar. Hal ini biasa terjadi bahwa terkadang kita mendesain susuatu tetapi gambar yang kita masukan itu tidak sesuai dengan apa yang kita buat.
2.      Clarity : Harus jelas posisi-posisi peletakkan baik gambar maupun tulisan. Dan kita yang desain pun harus tau maksud posisi-posisi desain itu.
3.      Consistency : Kekonsistenan sangatlah penting disini baik dari gambar, text, background, bahkan warna pun harus harus saling konsisten agar desain yang dibuat lebih dimengerti bagi yang melihat.
4.      Alignment : Pembacaan yang didesain juga biasanya salah satu faktor penting dari sebuah desain. Bacanya mulai dari kiri ke kanan ataupun atas ke bawah.
5.      Proximity : Jarak antar icon pun biasanya bisa menarik daya Tarik bagi yang mlihat desain kita. Jaraknya jangan sampai kejahuan maupun terlalu dekat.
6.      Contrast : pemilihan warna pada desain. Sebaiknya dalam pemilihan warna pada desain jangan terlalu ramai dengan warna, ataupun warna terlalu terang atau gelap. Karena warna pun salah satu hal yang penting dari suatu desain.
2.2       Software yang bisa digunakan dalam desain aplikasi kasir kafe
Disini kita mendesain aplikasi kasir kafe ini dengan  menggunakan aplikasi “ Power Point”. Selain dari itu ada lagi beberapa aplikasi untuk mendesain sama dengan apa yang kita buat yaitu sebagai berikuut :
1.      Adobe Photoshop
Photoshop adalah software yang digunakan untuk memodifikasi gambar atau foto secara profesional baik meliputi modifikasi obyek yang sederhana maupun yang sulit sekalipun. Photoshop merupakan salah satu software yang berguna untuk mengolah gambar berbasis bitmap, yang mempunyai tool dan efek yang lengkap sehingga dapat menghasilkan gambar atau foto yang berkwalitas tinggi (jika ingin lebih jauh mengetahui tentang gambar berbasis bitmap silakan download dokumennya di sini).Kelengkapan fitur yang ada di dalam Photoshop inilah yang akhirnya membuat software ini banyak digunakan oleh desainer grafis profesional. Dan mungkin juga sampai saat ini masih belum ada software desain grafis lain yang bisa menyamai kelengkapan fitur dalam Photoshop.
2.      Corel Draw
Corel Draw adalah sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.  
3.      Paint
Paint adalah salah satu program (software) pengolah gambar, program paint merupakan salah satu program bawaan dari micorosft windows. Jadi program windows selalu ada program pengolah gambar yaitu paint. Setiap windows tampilan program paintnya berbeda, tetapi pada prinsipnya cara penggunaannya adalah sama.

Selain dari 3 aplikasi desain diatas, masih banyak aplikasi desain yang dapat digunakan. Tetapi hanya itu saja yang kami jelaskan.
2.3       Bahasa pemrograman yang sesuai dengan aplikasi kasir kafe
Desain aplikasi kasir kafe yang dibuat ini bisa diterapkan dalam Bahasa pemrograman seperti dibawah ini :
1. Delphi
Delphi adalah sebuah IDE Compiler untuk bahasa pemrograman Pascal dan lingkungan pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi program. Delphi juga dapat di artikan sebagai Suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti bahasa pemrograman Visual Basic ( VB ) . Namun Delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan pascal (sering disebut objeck pascal ), sehingga lebih mudah untuk digunakan .
            2. Visual Basic
            Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman adalah perintah-perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Bahasa pemrograman Visual Basic, yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991, merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada era 1950-an. Visual Basic merupakan salah satu Development Tool yaitu alat bantu untuk membuat berbagai macam program komputer, khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows. Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang mendukung object (Object Oriented Programming = OOP).
3. Java
Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, dan secara luas dimanfaatkan dalam pengembangan berbagai jenis perangkat lunak aplikasi ataupun aplikasi.
2.4       Langkah-Langkah Penggunaan Aplikasi kasir kafe        
Sebelum masuk ke langkah-langkah penggunaan aplikasi ini terlebih dahulu kami menjelaskan bahwa yang kami buat disini hanyalah desainnya. Tetapi kami pun akan menjelaskan langkah-langkah penggunaan aplikasinya. Sebagai berikut :
1.      Pilih Aplikasi “RLSM Cafe” yang terletak didesktop. Seperti gambar dibawah ini :

2.      Setelah tampil seperti gambar dibawah ini. Maka itu berarti masuk ditampilan awal aplikasi kasir cafe. Lalu klik tombol “Makanan” untuk memilih menu makanan.


3.      Setelah masuk ke menu makannan seperti dibawah ini pilih makanan yang di inginkan. Klik tombol  untuk memilihnya, jika ingin lebih dari 1 klik lagi sesuai jumlah yang diinginkan.  Klik tombol  jika ingin mengurangi makanan yang sudah di pilih. Dan jika semua sudah dipilih lalu klik tombol “back” untuk kembali ke menu awal.

4.      setelah kembali ke menu awal lagi lalu kita pilih menu “minuman” untuk memilih minumannya.


5.      Dimenu minuman ini akan tampil seperti gambar dibawah ini. Pilih minuman yang di inginkan. Klik tombol  untuk memilihnya, jika ingin lebih dari 1 klik lagi sesuai jumlah yang diinginkan.  Klik tombol  jika ingin mengurangi minuman yang sudah di pilih. Dan jika semua sudah dipilih lalu klik tombol “back” untuk kembali ke menu awal.

6.      Setelah kembali ke menu awal. maka kita akan melakukan proses pembayaran. Klik tombol “pembayaran”.

7.      Pada tampilan untuk menu pembayaran akan tampil seperti dibawah ini yaitu menu yang sudah dipilih dengan total harga yang sudah tertera. Jika proses pembayaran selesai klik tombol “cetak struk“.  

8.      Jika sudah masuk ketampilan seperti dibawah ini maka selesailah prosesnya. Dan menunggu pemesan berikutnya.

2.5       Komentar tentang desain kasir kafe
Untuk mengomentari desain ini ada bebrapa hal yang penting. Sama seperti yang  ada pada 2.1 tentang “Pengertian Desain” mengenai tahapan yang harus diperhatikan dalam desain :
1.      Metaphor : Kenyambungan aplikasi dengan pemilihan gambar. Aplikasi ini berkaitan dengan kasir kafe maka kami memilih gambar yang berkaitan dengan makanan dan minuman.
2.      Clarity : Harus jelas posisi-posisi peletakkan baik gambar maupun tulisan. Peletakkan dari gambar dan tulisan kami menesuaikan sesuai kenyambungannya gambar dan tulisnnya lagi. Agar posisi letaknya pun terlihat rapi.
3.      Consistency : dari kekonsistenan gambar, text, background, bahkan warna kami memberi memilih warna gambar yang warnanya konsisten dengan gambar. Dan text yang digunakan pun kami gunakan seperti desain-desain tulisankafe seperti tulisan-tulian unik.
4.      Alignment : Pembacaan yang didesain juga biasanya salah satu faktor penting dari sebuah desain. Bacanya mulai dari kiri ke kanan ataupun atas ke bawah. Di desain aplikasi ini kami tidak pembacaan atas bawah dan kiri kanan. Karna tidak terlalu banyak yang dimasukin dimasing-masingnya.
5.      Proximity : Jarak antar icon pun biasanya bisa menarik daya Tarik bagi yang mlihat desain kita.. Jaraknya kami memberi jarak yang tidak terlalu jauh dan dekat. Sehingga kami yang meliht apliksi ini pun tidak merasa kebingungan.
6.      Contrast : pemilihan warna pada desain. Pemiihan warnanya kami menggunakan warna yang cukup menarik untuk kafe-kafe atau untuk anak mudah yang mana warna anak mudah biasanya simple.




BAB III
PENUTUP
3.1              Kesimpulan
1.      Desain aplikasi kasir kafe ini dapat diterapkan pada aplikasi kafe untuk pembayaran pada kafe.
2.      Banyak aplikasi lain yang digunakan dalam mendesain sebuah aplikasi yang diinginkan. Seprti desain aplikasi kasir kafe ini.
3.2              Saran
Dalam aplikasi pembayaran yang kami buat dapat dikembangkan dengan kode meja agar pelayan dapat mengetahui tempat duduk pembeli dengan kode meja.









SUMBER
REFERENSI




Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW JURNAL

REVIEW JURNAL MANAJEMEN PROYEK DAN RESIKO NAMA : REKY FRANS NPM : 25115738 KELAS : 3KB07 TUGAS :   Mer e view jurnal dengan topik yaitu Manajemen Proyek dan Resiko di Bidang Komputer          UNIVERSITAS GUNADARMA           FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI                                               JURUSAN S1 – SISTEM KOMPUTER Analisis Manajemen Resiko Teknologi Informasi Penerapan Pada Document Management System di PT. Jabar Telematika (JATEL) I.                     PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Inti...

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

1.       PENGERTIAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Interaksi manusia dan computer ( Human Computer Interaction,HCI ) adalah   sebuah hubungan atau interaksi antara manusia dan komputer yang memiliki karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah system. Interaksi manusia dan komputer ini juga dikatakan bahwa serangkaian proses, dialog, kegiatan, ataupun perilaku manusia terhadap komputer   yang akan berinteraksi   untuk saling melakukan   atau memberikan   masukan dan umpan balik melalui sebuah antar muka untuk memperoleh suatu hasil akhir yang akan diharapkan. Interaksi Manusia dan Komputer(IMK) berkaitan sekali dengan desain implementasi serta evaluasi dari suatu sistem komputasi yang interaktif untuk dapat digunakan oleh manusia serta studi mengenai ruang lingkupnya interaksi manusia dan komputer ,ada interaksi diantara satu maupun lebih manusia dan satu maupun lebih komputasi mesi...

Flowchart

      Flowchart atau diagram alir merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma atau proses yang menampilkan langkah-langkah yang disimbolkan dalam bentuk kotak, beserta urutannya dengan menghubungkan masing masing langkah tersebut menggunakan tanda panah. Diagram ini bisa memberi solusi selangkah demi selangkah untuk penyelesaian masalah yang ada di dalam proses atau algoritma tersebut. Tujuan Membuat Flowchat : ·    Menggambarkan suatu tahapan penyelesaian masalah ·    Secara sederhana, terurai, rapi dan jelas ·    Menggunakan simbol-simbol standar Dalam   penulisan   f lowchart   dikenal   dua   model,   yaitu   s istem   f lowchart dan Program Flowchart. 1. System Flowchart : B agan Yang memperlihatkan urutan prosedur dan proses dari beberapa file di dalam media tertentu. Melalui flowchart ini terlihat jenis media penyimpanan yang...